BUKU AJAR KEPERAWATAN GERONTIK

Kepengarangan    : Desi Natalia Trijayanti Idris, Kili Astarani
Tebal Buku            : viii + 139 halaman
Tinggi Buku          : 25
ISBN                     : 978-602-5605-48-2
Penerbit               : Adjie Media Nusantara, Nganjuk
Tahun                   : 2019

Harga                   :  Coming Soon  | Ready Stock

 

Sinopsis:

Kondisi lansia mengalami perubahan berupa penurunan fisik dan psikologis, sehingga lansia memerlukan kondisi yang dapat menunjang kesehatan. Gangguan tidur merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh lansia. Kualitas tidur adalah suatu keadaan tidur yang dijalani seorang individu menghasilkan kesegaran dan kebugaran saat terbangun. Usia merupakan faktor yang berpengaruh dalam kualitas tidur, seiring dengan bertambahnya usia keluhan kualitas tidur semakin meningkat. Memasuki usia lansia sering tidak memiliki kualitas tidur yang baik. Gangguan tidur yang terjadi salah satunya adalah insomnia. Insomnia adalah gangguan tidur yang sering dialami oleh lansia. Keluhan utama berupa ketidakpuasan dengan kualitas atau durasi tidur dan disertai dengan kesulitan dalam memulai tidur pada waktu tidur, sering atau lama terbangun, atau bangun di pagi hari dengan ketidakmampuan untuk kembali tidur. Insomnia memiliki dampak yang sangat serius bagi kesehatan pada kelompok lansia. Dampak insomnia diantaranya meliputi dampak psikologis, fisiologis, fisik atau somatic, sosial, bahkan dapat berujung dengan kematian.

Penatalaksanaan terhadap Insomnia dapat dibagi yaitu secara farmakologi dan non farmakologi. Secara farmakologi yaitu dengan pemberian obat sedatif dan hiponotik, obat jenis ini sangat efektif dalam mempercepat tercapainya saat mulai tidur, memperpanjang tidur, dan mengurangi frekuensi bangun. Namun obat ini menimbulkan efek negatif, diantaranya meninggalkan efek sisa obat, yaitu rasa mual dan mengantuk pada siang hari, dan menyebabkan penderita gangguan tidur mengalami ketergantungan obat. Sedangkan penatalaksanaan non farmakologi tidak menimbulkan efek samping dan dapat dilakukan sendiri oleh lansia untuk menjaga kesehatan mereka. Ada beberapa pengobatan non farmakologi untuk insomnia seperti terapi tertawa, terapi relaksasi otot progresif (progressive muscle relaxation), pernapasan diafragma, imagery training, biofeedback, hipnosis. Terapi non farmakologis yang termurah sampai saat ini, tidak memerlukan imajinasi, ketekunan atau sugesti, tidak ada efek samping, mudah untuk dilakukan adalah terapi tertawa dan relaksasi otot progresif.

Buku ini berisi Konsep Lansia dan Proses Penuaan, Konsep Tidur, Konsep Insomnia, Konsep terapi tertawa dan terapi relaksasi otot progresif yang dapat digunakan oleh praktisi keperawatan, kesehatan, mahasiswa keperawatan dan juga teman sejawat di perguruan tinggi.

 

Download Part Book:

Silahkan download part dari buku tersebut disini